Header Ads

Tips-tips merawat kayu ebony



Kayu ebony merupakan kayu endemic Sulawesi yang memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi dan sebenarnya tergolong kayu yang bebas perawatan. Namun demikian, dibutuhkan sedikit perlakuan khusus pada kayu ebony agar corak dan motifnya akan terlihat semakin indah dari waktu ke waktu.
Berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan agar motif kayu ebony terlihat semakin indah. Cara berikut cukup simple karena kayu ebony memang tergolong kayu yang bebas perawatan.
§  Untuk kayu yang tidak dipernis cukup dengan menaburi tepung maizena atau bedak bayi di permukaan kayu secara merata. Setelah beberapa menit gunakan lap bersih untuk membersihkan permukaan kayu tersebut. Kotoran dan debu yang menempel akan terikut bersama tepung dan bedak tersebut. Permukaan kayu akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya. Sebisa mungkin  jagalah agar kayu  tersebut tidak terkena air secara berlebihan karena air akan masuk ke pori - pori kayu dan kayu akan menjadi lembab.

§  Untuk kayu yang dilapisi pernis perawatannya agak lebih mudah. Cukup dilap dengan kain bersih secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Bisa juga menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri. Caranya : oleskan minyak tersebut secara merata dan tipis ke permukaan kayu, setelah itu lap dengan kain bersih. Kayu akan terlihat lebih mengkilap.

§  Untuk lebih praktis bisa dengan menggunakan pledge. Pledge bisa didapatkan di toko-toko furniture atau toko bangunan. Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan pledge tersebut ke permukaan furniture kayu anda. Jangan lupa juga semprotkan di sela-sela atau sudut lekukan furniture kayu anda. Semprotkan seperlunya saja, jangan berlebihan. Gunakanlah pledge yang berkualitas terbaik agar memperoleh hasil yang maksimal.

§  Hindarkan furniture kayu ebony anda dari sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, karena dalam periode tertentu akan mengakibatkan kayu menjadi retak dan pecah-pecah. Tentunya kita semua tidak mau hal itu terjadi pada furniture kayu ebony kita bukan ?

 
Itulah beberapa tips cara merawat furniture kayu ebony agar terlihat lebih indah dan tahan lama, setidaknya yang kami ketahui. Tips tersebut diperoleh dari pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman yang menjalankan usaha di bidang pembuatan furniture kayu ebony. Tentunya hal tersebut hanya sebagian kecil dari puluhan bahkan ratusan cara merawat kayu agar terlihat lebih indah dan lebih awet yang diketahui oleh teman-teman semua. Apabila ada masukan dan saran dari teman-teman terkait hal ini silahkan tulis di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar